PENDAMPING GEREJA

yesus bangkit

#Renungan Harian, Minggu 23 Agustus 2020

Bacaan Alkitab: Wahyu 3:1-6

“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!

Wahyu 3:1

Angelo Dundee, mungkin nama ini kurang begitu familiar di telinga kita, namun bagaimana kalau nama Muhammad Ali?

Pasti sebagian besar dari kita mengenalnya. Ya, petinju legendaris Muhammad Ali selama dua puluh tahun dilatih oleh Angelo Dundee.

Angelo Dundee melatih Ali sampai menjadi juara dunia. Reputasi Ali tidak akan baik jika tidak dilatih Dundee.

Yesus Kristus menyatakan pribadi-Nya sebagai yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang menunjukkan bahwa Yesus Kristus adalah pribadi yang luar biasa.

#1 Dialah Pendamping Gereja.

Pernyataan ini merupakan pernyataan bahwa Roh yang dimiliki-Nya, Roh Allah adalah Roh Pemberi Hidup yang sanggup membangkitkan jemaat yang mati.

Jemaat Sardis dikatakan hidup, padahal engkau mati! Karena mereka menikmati reputasi baik, yang sebenarnya tidak layak dan tidak sesuai dengan kenyataannya.

Penilaian ini jauh lebih penting disbanding penilaian manusia.

#2 Dialah yang Empunya Gereja.

Sebagai pemilik Gereja, Yesus Kristus berhak untuk menilai jemaat dengan mengatakan, “tidak ada satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.”

Yesus Kristus ingin jemaat memiliki orientasi yang benar dalam mengikut-Nya.

Melakukan banyak aktivitas keagamaan dan pelayanan memang baik, tetapi tidak semuanya akan menyenangkan hati Tuhan, jika tidak dilakukan dengan tujuan yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Namun dalam murka-Nya, Yesus Kristus masih memberikan kesempatan. untuk bertobat dan secara radikal mengembalikan orientasi hidup mereka.

Sampai sekarang, Yesus Kristus masih menegur dengan keras orang-orang Kristen yang hidupnya tidak berorientasi kepada-Nya.

Kebangunan rohani harus terjadi dalam hidup orang percaya yang masih duniawi. Tanpa pertobatan, tanpa kebangunan, kita ada di bawah murka Tuhan. (ab)

BANGKITLAH DAN MENJADI TERANGLAH

(4) Comments

  • Sri Seven August 24, 2020 @ 8:47 am

    Firman Tuhan mengingatkan kan saya untuk tetap pada jalannya Tuhan.
    Kalau saya belom kiri kanan pasti Tuhan murka.
    Semoga firman ini menjadi berkat dan tetap pada Tuhan

  • Femilina Nazara August 28, 2020 @ 7:03 am

    Dari firman Tuhan di atas, marilah kita tetap di jalan Nya Tuhan, jangan sampai kita berpaling padaNya. Supaya kita selalu dalam lindungan Tuhan.

  • Yulika Priani lase September 7, 2020 @ 5:10 am

    Saya sudah membacanya Pak🙏

  • Olen September 15, 2020 @ 2:05 am

    Sy sdh membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *