MELAWAN DOSA

Melawan Dosa

Renungan Harian, Minggu 7 Feb 2021

Bacaan Alkitab: Mazmur 38

Segeralah menolong aku, ya TUHAN, keselamatanku. Mazmur 38:23

Setiap orang Kristen selalu ada dalam pergumulan melawan dosa dan rasa sakit hati. Terkadang semua itu membawa kita ke dalam pergumulan, kesedihan, dan penyesalan yang berat.

Pada saat-saat seperti itu kita membutuhkan sahabat yang mampu menolong kita untuk bangkit kembali.

Daud sangat bergumul ketika ia mengalami penderitaan karena beban dosa, rasa sakit, dan permusuhan dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ia dengan sedih menyesali dosa, kesalahan, dan kebodohannya; gentar terhadap geram, murka dan amarah Tuhan yang menimpa dirinya (1-8); terasing, dikucilkan, dan disalah mengerti oleh orang-orang yang dekat dengannya, dan terlebih lagi Tuhan pun seakan-akan menjauh darinya (9-22).

Semuanya ini mengakibatkan beban secara fisik dan mental yang menyusup ke dalam daging, tulang, kepala, pinggang, jantung, mata, telinga, mulut, jiwa, dan nyawanya.

Ia pilu menanggung bebannya: “Luka lukaku berbau busuk, bernanah oleh karena kebodohanku (5). Namun Daud tidak terus-menerus membiarkan dirinya tenggelam dalam kesedihan yang mendalam.

Ia mengarahkan pandangannya kepada Tuhan yang adalah sumber keselamatan (22) yang mengenalnya, mengetahui segala keinginan dan keluh kesahnya (9), serta menjawab doanya (15).

Tuhan Yesus Kristus adalah sumber keselamatan yang bersedia mendekat di masa krisis, Dialah jawaban bagi pergumulan kita semua yang bergumul melawan dosa.

Percayalah bahwa pemulihan terjadi ketika kita terbuka dan mengandalkan TUHAN dalam melawan dosa yang begitu merintangi kita. (AB)

Credit:

Melawan Dosa – http://bit.ly/36S69HE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *