STT KADESI BOGOR

STT KADESI BOGOR

Manfaat Cermin

#Renungan Harian, Minggu 30 Agustus 2020

Bacaan Alkitab: Yeremia 2:20-37

engkau berkata: Aku tidak bersalah! Memang, murka-Nya telah meninggalkan aku! Sesungguhnya Aku akan membawa engkau ke pengadilan, oleh karena engkau berkata: Aku tidak berdosa! Yeremia 2:35

Setiap rumah pastilah memiliki cermin. Ketika menyisir rambut, orang akan bercermin.

Ketika memakai make-up, membutuhkan cermin. Bahkan ketika kita melewati cermin, kita akan berhenti sejenak untuk bercermin.

Cermin memiliki fungsi untuk melihat diri sendiri meskipun hanya sekilas dan sepintas.

Ketika kita membaca perikop ini, kita tahu bahwa orang-orang sezaman Yeremia, bangsa Yehuda, mempunyai sikap mental yang sama untuk membenarkan dirinya (22-23).

Tuhan, melalui Yeremia, memasang cermin di depan mereka agar mereka tahu betapa buruknya wajah mereka.

Harapannya adalah supaya mereka bertobat dan terbebas dari hukuman (35).

Keindahan yang pernah dimilikinya karena kedekatan dengan Allah dan kesetiaan kepada-Nya (2) sudah pudar diganti dengan pengkhianatan dan kebobrokan moral (20, 21).

Cermin itu terus menyingkapkan semakin dalam kebobrokan mereka dalam hal perzinahan rohani (23-25), kedegilan hati (25), dan penindasan terhadap orang miskin (34).

Namun mereka tetap tidak mau mengakui dosanya, apalagi bertobat. Karena itu satu-satunya cara yang masih ada adalah menghukum mereka (35).

Kedegilan hati yang demikian ternyata bukan hanya hak milik orang-orang yang sezaman dengan Yeremia ataupun para pejabat dan petinggi negara kita saja tapi juga banyak orang Kristen masa kini.ย 

Firman Tuhan adalah cermin besar kita. Kita harus mampu bercermin dengan benar.

Bercermin dengan benar bukan hanya akan membuat kita bisa membersihkan noda di wajah kita, namun juga akan membuat kita menjadi serupa dengan Kritus.

Firman Tuhanย  bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik kita dalam kebenaran. Terimalah dengan hati yang terbuka. (ab)

FIRMAN TUHAN UNTUK MENGKOREKSI KITA

Sumber Gambar:

  • Manfaat Cermin – https://bit.ly/3jg5P9B

(6) Comments

  • Titus Tamoes August 30, 2020 @ 11:45 am

    Tidak ada seorang pun yang tidak berdosa. Kalau kita berkata kita tidak berdosa, sama artinya kita membohongi diri kita sendiri๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  • Sri seven September 4, 2020 @ 11:35 am

    Firman Tuhan mengingatkan saya kembali bahwa tetap bercermin. Jangan merasa benar…
    Tetapi cermin kita adalah Firman Tuhan yang selalu meluruskan setiap kesalahan yang salah dengan mengaku dosa. Tidak boleh tawar hati tetapi dengan sadar bahwa kita manusia berdosa

  • Femilina Nazara September 5, 2020 @ 2:27 am

    Firman Tuhan mengingatkan kita kembali,, bahwa kita tidak lepas dari kesalahan, jangan kita bilang saya nggak pernah berbuat salah, itu salah besar. Kalau kita mengatakan seperti itu marilah kita berdiri di cermin dan melihat semuanya dan membayangkan apa yang selama ini kita lakukan.

  • Yulika Priani lase September 7, 2020 @ 5:56 am

    ๐Ÿ‘๐Ÿ™

  • Olen September 12, 2020 @ 3:38 am

    Firman Tuhan yg sangat memberkati๐Ÿ™

  • Wheetly October 12, 2023 @ 9:34 pm

    Multipurpose vacuum chamber priligy reddit Second, the eight radiologists had wide variations in experience ranging from 0 19 years reading screen film and or DM and DBT in population based breast cancer screening

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *