TUHANMU SIAPA?

Siapa Tuhanmu

Renungan Harian, 5 Februari 2021

Bacaan Alkitab: Mazmur 36

Perdebatan tentang nama TUHAN berlangsung cukup lama, bahkan banyak diskusi sampai kepada apakah Tuhan dalam setiap agama itu sama?

Seseorang pernah berkata bahwa dalam hati seseorang ada sebuah lubang yang hanya bisa diisi oleh TUHAN atau yang dianggap tuhan. Ini artinya apa yang paling penting bagi seseorang bisa dijadikan tuhan oleh mereka.

Siapakah TUHAN kita sebenarnya? Daud mengajak para pembacanya untuk menyadari betapa beruntungnya setiap orang yang Tuhannya adalah Yahweh.

Karena Yahweh setia dan kasih setia-Nya tidak terbatas, bahkan melampaui alam semesta ini (5). Ia juga merupakan sumber kehidupan (9).

Bukan hanya perlindungan dan kesejahteraan yang dialami oleh semua orang yang ber-Tuhankan Yahweh (7-8), tetapi kepastian hukum oleh karena keadilan Tuhan menjadi pegangan mereka untuk hidup di dunia yang penuh orang fasik (6).

Maka dengan penuh keyakinan, pemazmur memohon agar Tuhan bertindak menjadi Hakim adil, yang membela orang benar dan membinasakan orang fasik (10-12).

Banyak orang Kristen yang mudah mengalami salah arah dalam hidup karena dunia tampil lebih marak dan memikat dengan gaya hidup anti Yesus.

Namun sebagai anak-anak Tuhan kita diingatkan bahwa, dunia ini milik Tuhan sehingga manusia tidak bisa bertindak dengan sembarangan. Kita juga harus mengingat bahwa hidup ini tidak berhenti di dunia ini.

Ada kekekalan. Kelak kita harus mempertanggungjawabkan bagaimana kita mengisi hidup kita. Hanya dengan hidup ber-pusatkan Kristus, kita berkenan kepada-Nya. (AB)

Credit:

Siapa Tuhanmu – http://bit.ly/2MNdFNc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *