STT KADESI BOGOR

STT KADESI BOGOR

TUHAN AKAN MELUPUTKAN

#Renungan Harian Rabu 14 April 2021

Karena di dalam Dialah diciptakan segala sesuatu yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Kolose 1:16

Kehidupan ini bukan tentang kita, tujuan hidup kita lebih besar daripada semua prestasi dan semua yang kita dapatkan dalam kehidupan ini.

Guna memahami tujuan hidup kita, maka kita harus memulaianya dengan TUHAN. TUHAN menciptakan kita oleh tujuanNya dan untuk tujuan-Nya.

Banyak orang berusaha mencari tujuan hidupnya dengan awal dirinya sendiri.

Mereka menentukan sasaran, ambisi dan impian masa depan, padahal alkitab mengatakan bahwa di dalam tangan Tuhan terletak segala yang hidup dan nafas setiap manusia.

Makna hidup tidak akan dapat dicari dari diri kita sendiri, namun dari pencipta kita.

Kita tidak akan sampai kepada tujuan hidup yang sesungguhnya jika kita memulainya dengan berpusat pada diri sendiri.

Hanya di dalam TUHAN saja kita akan menemukan asal-usul, identitas, makna, tujuan, pentingnya kita serta masa depan kita.

Jalan lain akan membawa kepada kebuntuan. Buku-buku motivasi serta para motivator biasanya mengajarkan sesuatu untuk membangun diri yang berpusat pada diri sendiri.

Meskipun banyak orang yang sudah sukses, namun belum tentu itu sesuai dengan tujuan hidup kita di hadapan TUHAN.

Ada banyak buku yang menunjukkan cara-cara untuk menemukan tujuan hidup kita.

Semua buku tersebut bisa dikelompokkan sebagai buku-buku untuk menolong diri sendiri karena buku-buku tersebut mendekati pokok bahasan dari sudut pandang yang berpusat pada diri sendiri.

Bagaimana supaya kita bisa menemukan tujuan hidup yang di kehendaki TUHAN?

Ada dua cara, yang pertama adalah spekulasi. Banyak orang menebak ke mana arah hidup mereka karena tidak tahu pasti arah hidupnya.

Kedua, Penyataan. Kita bisa mengetahui makna dan tujuan hidup kita dengan bertanya kepada TUHAN, Sang Pencipta kita.

TUHAN meninggalkan firman-Nya, yaitu Alkitab yang menjelaskan mengapa kita hidup, bagaimana menjalaninya, apa yang harus dihindari dan apa yang akan terjadi pada masa depan.

TUHAN adalah sumber kehidupan, sehingga untuk menemukan tujuan hidup kita, maka kita harus melihat firman TUHAN.

Kehidupan kita harus dibangun di atas kebenaran-kebenaran yang kekal.

(Baca Juga: ANUGRAH DALAM KEBANGKITAN)

Efesus 1:11 , Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak Nya — memberikan tiga pengertian kepada kita:

#Pertama, Identitas dan Tujuan kita dapat ditemukan melalui hubungan dengan Yesus Kristus.

Jika kita tidak memiliki hubungan secara pribadi dengan Yesus Kristus, dalam beberapa hari ke depan kita akan mempelajarinya.

#Kedua, Kita ada bukan karena kebetulan, namun sudah ada dalam pikiran TUHAN. Tujuan TUHAN bagi kehidupan kita telah ada sebelum kita ada.

TUHAN merencanakan sebelum menciptakan kita tanpa meminta pertimbangan atau masukan kita.

Kita biasanya memilih karier, pasangan, hobi dan banyak bagian kehidupan kita, namun kita tidak bisa memilih tujuan kehidupan kita.

#Ketiga, TUHAN ingin tujuan hidup kita selaras dengan rencana-Nya yang kekal. Kehidupan tanpa TUHAN adalah kehidupan yang tidak bisa kita pahami.

Kehidupan kita bukan tentang kita. Kehidupan kita adalah untuk TUHAN saja.

(1) Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *