STT KADESI BOGOR

STT KADESI BOGOR

Mengejar Apa

#Renungan Harian, Sabtu 29 Agustus 2020

Bacaan Alkitab: Yeremia 2:1-19

Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air. Yeremia 2:13

Ada pepatah yang mengatakan, lebih baik seorang penjahat bertobat lalu menjadi pendeta daripada seorang pendeta melakukan perbuatan jahat.

Pepatah ini cukup menempelak kehidupan seorang hamba TUHAN yang masih hidup mengejar kenikmatan duniawi, materialisme dan juga kenyamanan pelayanan.

Ketika kita melihat hubungan Israel dengan TUHAN maka kita bisa analogikan hubungan mereka layaknya suami dan istri.

TUHAN menjadikan umat Israel dari budak Mesir menjadi umat kekasih-Nya, menginginkan Israel bertumbuh dalam kasih dan setia serta hidup kudus dan setia kepada TUHAN.

Dosa adalah pengkhianatan terhadap hubungan cinta yang menyakiti hati Tuhan. Bagaikan suami yang dikhianati istri yang menyeleweng, TUHAN kini mempertanyakan cinta pertama umat (2).

Dosa membuat kekudusan yang semula umat miliki di hadapan TUHAN menjadi sirna.

Akibatnya umat pun kehilangan status terhormat di tengah dunia (3). Siapakah yang dituding sebagai pelopor semua kondisi buruk ini?

TUHAN sendiri menuding para imamlah penyebab semua ini (8), mereka yang seharusnya menjadi para pemimpin dalam bidang hukum, para gembala dan para nabi.

Mereka ditegur TUHAN luar biasa karena tidak memberikan teladan dan pengajaran yang baik dan benar kepada umat-Nya. 

Umat TUHAN dan hamba TUHAN masa kini ditantang untuk tidak meninggalkan TUHAN dalam Yesus Kristus demi apa pun karena hal itu sama saja dengan meninggalkan sumber hidup sejati demi kesia-siaan yang menuju kebinasaan.

Setiap orang percaya perlu mempertahankan kasih yang mula-mula kepada TUHAN dan memeliharanya terus menerus melalui persekutuan intim dalam doa dan firman TUHAN serta berdoa sungguh-sungguh.

Pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib harus senantiasa kita hayati sebagai pengorbanan yang luar biasa. (ab)

DOSA ADALAH KEBODOHAN YANG HASILNYA KESIA-SIAAN

Sumber Gambar:

  • Mengejar Apa – https://bit.ly/3lpBV4v

(5) Comments

  • Titus Tamoes August 29, 2020 @ 9:23 am

    Dosa membuat kita jauh dari Tuhan namun,

    • Femilina Nazara August 30, 2020 @ 7:40 am

      Dosa membuat kita jauh dari Tuhan, karena dosa hubungan manusia dan Tuhan kurang baik. Untuk itu jangan kita di perbudak oleh dosa, marilah kita hidup dalam kasih dan dalam naungan Tuhan.

  • sri seven September 3, 2020 @ 6:58 am

    firman Tuhan hari ini mengajarkan saya bahwa dosa itu tidak melihat siapa saja, bisa menempel dan masuk kapan pu, tetapi bagaimana dengan hal itu bahwa hidup dalam Tuhan. sebagai calon hamba Tuhan dan anak Tuhan harus hidup dalam kebenaran dan mengajak orang kedalam kebenaran.

  • Yulika Priani lase September 7, 2020 @ 5:52 am

    Dosa yang membuat kita jauh dari maka dari itu marilah hidup menurut kebenaraNya.

  • Olen September 12, 2020 @ 3:41 am

    tak ada alasan utk tdk mendekatkan diri kepada Tuhan,lawan kita si iblis seperti singa yg mengaum ngaum mencari mangsanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *