LAKUKAN HARI INI

Jangan Menunda

Renungan Harian, 24 April 2021

Firman Tuhan dalam
Amsal 3:27-28 (TB)

Pada suatu hari dibulan November 2020, saya cerita kepada istri bahwa saya baru saja mengunjungi teman kami di Tanjungsari, Bogor.

Teman itu baru beberapa hari pulang dari RS habis tembak laser (ESWL) batu ginjal, ia seorang bapak yg berusia sekitar 70 tahun, dan istrinya sekitar 65 tahun.

Karena saya melihat istri dari teman tersebut sedang ngipasin suaminya.

Karena memang di ruangan rumah yang sederhana itu, udara terasa agak panas dan tidak ada kipas angin, pada saat itu saya tergerak dan berkata: “nanti aku bawakan kipas angin, walaupun tidak baru, jika aku datang lagi ke sini.”
Tapi kemudian karena kesibukan, saya agak lama tidak datang ke rumah teman tersebut.

Bulan Januari 2021, siang hari sekitar jam 14.00 karena memang ada keperluan kepada teman tersebut.

Maka dari kantor sy pulang ke rumah, dan terus menyiapkan kipas angin yang akan saya berikan itu, sementara saat itu gerimis, saya tetap jalan menggunakan sepeda motor karena memang ada keperluan kepada teman tersebut.

Sampai di rumahnya, bapak itu sedang keluar, tapi tidak jauh masih di sekitar desa itu.

Karena bapaknya tidak ada di rumah maka saya tanya, “mana ibu”.

Pada saat itu ada beberapa anak dari bapak, ibu itu yang sudah pada dewasa, dan rumah mereka hanya di sekitar situ saja, dan karena sedang persiapan untuk suatu acara mereka kumpul di rumah orang tua Meraka.

Kemudian saya bertanya “mana ibu”,…. saya melihat mereka saling memandang di antara mereka, dan saya merasakan ada yg tidak beres.

Maka kembali saya melontarkan pertanyaan yang sama “mana ibu”. Kemudian salah satu anaknya yang tua menjawab dengan muka sedih: “ibu sudah meninggal dan lusa 40 harinya.”

Ketika mendengar hal itu, ada penyesalan yang dalam di hati saya, kenapa saya tidak mengantarkan kipas angin tersebut pada hari itu juga, atau besok harinya.

Sebab saya mendengar kabar bahwa ibu tersebut meninggal sekitar 2 Minggu setelah kunjungan saya ke rumah mereka.

Nats hari ini mengingatkan kita: “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: “Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi,” sedangkan yang diminta ada padamu.”

Mari lakukan kepada sesama kita apa yang bisa kita lakukan hari ini, jangan menundanya sampai hari esok, supaya tidak pernah ada penyesalan.

Penulis: Dr. Sukarna

Sumber Gambar:

*https://bit.ly/3elkYp6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *