ANUGRAH DALAM KEBANGKITAN

Bangkit

Renungan Harian, 31 Maret 2021

Bacaan Alkitab: Yohanes 11:25

Jawab Yesus: ”Akulah kebangkitan dan hidup; barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.

Selama setahun tinggal di Temanggung, saya telah mengikuti lebih dari 20 kali upacara kematian dari berbagai lapisan masyarakat dan kepercayaan mereka.

Tidak sedikit dari keluarga yang ditinggalkan selalu mengatakan moga-moga amal ibadahnya diterima di Surga.

Namun bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Juru selamatnya, maka perkataan dari Yohanes menjadi inti dari iman percayanya, bahwa Yesus adalah kebangkitan dan hidup yang kekal.

Karena Dialah satu-satunya kebangkitan. Minggu ini merupakan hari menjelang datangnya sebuah perayaan besar bagi umat Kristen, hari raya Paskah.

Momen ini  adalah peristiwa yang berharga di dalam kehidupan orang percaya sebab peristiwa ini memaknai kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Di sana kita memahami bahwa seluruh struktur kekristenan didirikan di atas kebangkitan. Bila tidak ada kebangkitan, maka tidak ada Kekristenan.

Jika tidak ada kebangkitan, maka Tuhan adalah wujud yang menakutkan, dan Alkitab penuh dengan cerita kebohongan.

Keselamatan terwujud karena ada kebangkitan, ada pengampunan, ada harapan, dan ada surga.

Kita memaknai Paskah sebagai kemenangan Yesus Kristus atas kematian. Kebangkitan-Nya berarti hidup kekal yang diberikan hanya untuk orang yang percaya kepada-Nya.

Tujuan Paskah juga berarti peneguhan penuh dari semua yang Tuhan Yesus ajarkan dan juga khotbah selama tiga tahun pelayanan-Nya.

Jika Dia tidak bangkit dari antara orang mati, hanya kematian begitu saja dan tidak dibangkitkan, Dia akan dianggap hanya sebagai seorang pengajar atau nabi palsu.

Namun, kebangkitan-Nya justru memberikan bukti nyata dan tidak terbantahkan bahwa Dia benar-benar Anak Allah dan bahwa Dia telah mengalahkan maut untuk selamanya.

Kebangkitan Yesus adalah peristiwa paling menakjubkan dalam catatan sejarah dunia.

Bukan hanya Yesus yang kembali dari kematian. Hal yang unik tentang kebangkitan Yesus dan ini berlaku kekal.

Yesus hidup artinya bahwa Yesus mampu mengatasi kematian selamanya! Oleh karena Yesus, maka kematian tidak lagi mempunyai kekuatan yang bersifat final.

Yesus telah memperlihatkan kuasa-Nya atas kematian agar setiap orang percaya dapat memiliki pengharapan yang nyata bahwa Dia juga akan mengalahkan kematian kita.

Seperti Yesus, kita pun akan mati. Karena Yesus, semua yang mengikuti-Nya suatu hari akan hidup kembali.

Berita kebangkitan telah diperdengarkan kepada kita hari ini dalam pelayanan yang luar biasa ini.

Sejatinya kita harus bersyukur dan berterima kasih atas keyakinan ini.

Dia bangkit, diberi nama di atas segala nama, dan atas nama itu, setiap lutut akan bertelut di bumi dan di bawah bumi, dan setiap lidah suatu hari akan mengakui kebenaran itu.

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2PHjJIj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *