STT KADESI BOGOR

STT KADESI BOGOR

Berdiri

#Renungan Harian, Jumat 28 Agustus 2020

Bacaan Alkitab: Yeremia 1:11-19

Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN. Yeremia 1:19

Ketika saya menulis renungan ini, kondisi Indonesia dan sebagian besar negara di dunia sedang terancam krisis akibat pandemic Covid 19.

Hal ini sering dimanfaatkan para oposisi untuk menyerang pemerintahan Presiden Jokowi.

Namun karena pemerintah kita bersih dan selalu menunjukkan kebenaran, semua serangan itu bisa dipatahkan.

Yeremia dipanggil untuk menyampaikan berita yang sangat menyakitkan, meresahkan, dan mengancam bangsa Yehuda (14-16).

Bagaimana mungkin bangsa pilihan akan dihancurkan oleh bangsa-bangsa kafir?

Berita yang mengusik kemapanan, menggoncang ‘status quo’, men-jungkir-balikkan konsep-konsep yang sudah dianut masyarakat, hanya mendatangkan risiko yang tidak kecil bagi sang pembawa berita, mungkin nyawa pembawa berita itu menjadi taruhan-nya.

Itulah sebabnya Yeremia gentar karena ia memahami risiko ini (17). Tuhan sudah memahami reaksi apa yang akan ditunjukkan oleh Yeremia.

Karena itu Tuhan menggunakan berbagai cara untuk menyentuh seluruh aspek pribadinya seperti fisik, imaginasi, intelektual, dan perasaan.

Tuhan menggunakan sentuhan fisik (9), permainan kata (11, 12), lambang-lambang dalam penglihatan (11, 13), puisi (15, 6), metapora-metapora yang membesarkan hati (18-19).

Walau tidak disebutkan bagaimana akhirnya Yeremia bersedia memenuhi panggilan-Nya, namun pasal-pasal berikutnya menceritakan bagaimana ia menyatakan suara-Nya.

Tuhan berhasil meyakinkan Yeremia betapa pentingnya berita bencana itu harus disampaikan kepada Yehuda supaya mereka nantinya dapat kembali menjadi umat pilihan yang kudus dan taat.

Oleh karena itulah, menyampaikan berita kebenaran adalah tugas hamba Tuhan dan setiap orang percaya. Menyatakan kebenaran harus dilakukan agar kehidupan di dunia semakin baik. (ab)

HAMBA TUHAN HARUS BERANI BERDIRI DALAM KEBENARAN

Sumber Gambar:

  • Berdiri – https://bit.ly/3gwEUVa

(5) Comments

  • Titus Tamoes August 28, 2020 @ 2:38 pm

    Trimakasih firman yang sangat memberkati🙏🙏🙏

  • Femilina Nazara August 30, 2020 @ 7:35 am

    Marilah kita hidup dalam kebenaran, apa yang kita dengar itu lah yang keluar dalam bibir kita. Marilah kita menyaksikan firman Tuhan sesuai dengan kebenarannya.

  • sri seven September 3, 2020 @ 6:42 am

    firman Tuhan hari ini yang mengingatkan saya bahwa Allah selalu menyertai kita terlebih jika yang yang kita lakukan adalah sebuah kebenaran yang menuju kepada Allah. bahwa menyatakan kebenaran agar dunia baik dan tetap dalam penginjilan. terimakasih untuk Firman Tuhannya.

  • Yulika Priani lase September 7, 2020 @ 5:25 am

    Saya sudah membacanya Pak

  • Olen September 12, 2020 @ 3:45 am

    Sy sdh membaca🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *