BAGI KEMULIAAN TUHAN

Mata Yang Mengawasi

Renungan Harian, Jumat 8 Januari 2021

Bacaan Alkitab: Mazmur 8:1-9

apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?

Mazmur 8:5

Banyak orang merasa dirinya hebat dibanding dengan orang lainnya. Namun apa sih hebatnya manusia?

Para motivator mengatakan bahwa manusia memiliki potensi yang tidak terbatas. Mereka mengajarkan bahwa kekuatan seseorang itu seperti gunung es, terlihat hanya sedikit namun banyak potensi yang masih tersembunyi.

Bagaimana padanngan pemazmur? Mazmur 8 memfokuskan diri pada kemuliaan Tuhan yang telah menaruh manusia fana di tempat yang tinggi, hingga “hampir sama seperti Allah” dan bermahkotakan “kemuliaan dan
hormat” (6).

Tidak main-main, manusia memiliki otoritas Ilahi untuk mengelola seisi dunia ini (7-9). Itulah kemuliaan manusia.

Mazmur ini merupakan respons “Soli Deo Gloria” terhadap penetapan TUHAN di permulaan penciptaan, yaitu menciptakan manusia sesuai dengan gambar dan citra dirinya (Kejadian 1:26-28).

Manusia adalah mahkluk mulia dan ciptaan TUHAN yang sempurna oleh karena itu dia mewarisi kemuliaan TUHAN, merefleksikan kemuliaan TUHAN.

Manusia menjadi saksi kemuliaan TUHAN bagi semua mahkluk ciptaan-Nya Ketika dosa merusak gambar dan citra diri TUHAN dalam manusia, manusia menjadi batu sandungan buat orang lain mengenal Dia.

Kabar baiknya adalah Yesus Kristus telah mati di salib menebus dosa manusia dan memulihkan gambar TUHAN dalam setiap orang yang percaya.

Kristus telah menjadi teladan sempurna (Kolose 1:15; Ibrani 1:3). Mari kita hidup memuliakan TUHAN dan mencerminkan Yesus Kristus, karena kita percaya kepada-Nya. (ab)

YESUS KRISTUS MEMULIHKAN KEHIDUPAN MANUSIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *